"Jangan berpikir untuk menyelesaikan masalah, berpikirlah untuk menemukan solusinya."

Welcome to my bloG

  • Manchester City Till We Die
  • Supporters and Fans : The Citizen
  • Stadion : Etihad Stadium
  • Maskapai Penerbangan : Etihad Airways.
  • Changing Room : Manchester City FC
  • Conference Room : Manchester City FC
  • Champion Premier League 2013/2014 : Manchester City FC

Asal mula dan Jenis-jenis Teh

Share on :
The History
Konon, teh pertama kali ditemukan di Cina secara tak sengaja oleh Kaisar Shennong pada 2727 BC. Daun Camellia sinensis ini masuk ke dalam air mendidih yang biasa dimunum sang Kaisar, mengubah warnanya menjadi kecoklatan. Sang Kaisar merasa terkesan akan rasa dan manfaat minuman tersebut, kemudian menobatkan teh sebagai muniman berkhasiat. Tak hanya di Cina, teh pun telah lama dikenal di India. Bahkan kebiasaan minum teh ini pun dituliskan dalam epos Ramayana.

Tipe Teh

Teh Putih (White Tea)
Teh  putih merupakan jenis teh cukup langka, seperti Pai Mu Tan atau Chinese White Peony. Pucuk daun teh dipetik sebelum mekar sepenuhnya, kemudian langsung dikeringkan. Kabarnya, teh ini mengandung antioksidan tiga kali lipatlebih tinggi daripada teh hijau dan teh hitam. Aromanya pun ringan dan Khas.

Teh Hitam (Black Tea)
Daun teh dibiarkan mengalami oksidasi oleh enzim polifenol oxidase sampai sempurna, sehingga menghasilkan rasa dan warna coklat yang kuat dan khas. Contohnya : teh Assam, Ceylon, Darjeeling, English Breakfast, dan Earl Grey.

Teh Hijau (Green Tea)
Daun teh langsung dikeringkan setelah dipetik sehingga tidak mengalami oksidasi dan mengandung banyak polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan. Di Jepang, teh hijau disebut Ocha atau Matcha. Moraccan Green Mint dan Imperial Dargonwell (Lung Ching) termasuk dalam kategori ini.

Teh Oolong (Oolong Tea)
Teh yang khas  berasal dari daerah Oolong di Cina. Namun, sekarang teh oolong digolongkan sebagai teh semi-fermentasi. Hal ini berdampak terhadap rasa dan aromanya yang khas. Salah satu jenios teh oolong yang paling terkenal yaitu Ti Quan Yin.

Mungkin masih banyak lagi jenis teh yang masih belum diketahui keberadaanya di bumi kita ini . . .
Semoga Bermanfaat.  

2 komentar on Asal mula dan Jenis-jenis Teh :

Anonim mengatakan... 12 Januari 2013 pukul 22.33

Wahhhhh
Baru tahu ne gan..

Unknown mengatakan... 15 Januari 2013 pukul 19.32

mudah-mudahan sobat dapat ilmunya

Post a Comment and Don't Spam!

Urgent !!! Komentar dengan baik dan bermanfaat ya sobat Citizen,
--> Bagi yang ingin Copy Paste jangan lupa masukan link admin atau setidaknya comment blog ini (jangan menggunakan link),
Hal ini bermakna karena blog ini akan semakin lebih baik kedepanya dan bisa menghargai Hak Cipta Personal,
--> Bagi yang menemukan konten, widget, atau artikel yang rusak beritahu admin melalui Buku Tamu. Terima kasih ... Salam Blogger Indonesia ^_^

 

Friend

Popular Post