"Jangan berpikir untuk menyelesaikan masalah, berpikirlah untuk menemukan solusinya."

Welcome to my bloG

  • Manchester City Till We Die
  • Supporters and Fans : The Citizen
  • Stadion : Etihad Stadium
  • Maskapai Penerbangan : Etihad Airways.
  • Changing Room : Manchester City FC
  • Conference Room : Manchester City FC
  • Champion Premier League 2013/2014 : Manchester City FC

Keutamaan dan Kaedah Dzikir

Share on :
Dzikir --> Segala sesuatu perbuatan dan segala tindakan yang mencerminkan adanya aktivitas mengingat Allah Swt. Berikut adalah beberapa manfaat dan kaedah dzikir, yakni :
  1. Dzikir merupakan ketetapan dan syarat kewalian. Artinya, para wali Allah itu biasanya selalu istiqomah dalam berdzikir kepada Allah.
  2. Dzikir merupakan kunci-kunci dari ibadah lain. Sebab, dalam dzikir terkandung kunci pembuka rahasia-rahasia ibadah yang lain.
  3. Dzikir merupakan syarat atau perantara untuk masuk ke hadirat Allah. Sesungguhnya, Allah adalah Dzat Yang Maha Suci sehingga Dia tidak bisa didekati kecuali oleh orang-orang yang suci pula.
  4. Dzikir akan membuka dinding hari (Hijab) dan menciptakan keikhlasan hati yang sempurna. Menurut  para ulama salaf, terbukanya hijab (kasyaf) ada dua macam, kasyaf hissi (terbukanya pandangan karena penglihatan mata) dan kasyaf khayali (terbukanya tabir hati sehingga mampu mengetahui kondisi di luar alam indrawi ).
  5. Menurunkan rahmat Allah, sebagaimana dalam hadits nabi Muhammad Saw :                              "Orang-orang yang duduk untuk berdzikir maka malaikat mengitari mereka, Allah melimpahkan rahmat-Nya, dan Allah juga menyebut (membanggakan) mereka kepada para malaikat disekitarnya."
  6. Menghilangkan kesusahan hati. Sebab, kesusahan itu terjadi akibat lupa dengan Allah Swt.
  7. Melunakkan hati, sebagaimana yang dijelaskan al-Hakim Abu Muhammad at-Tarmidzi,"Dzikir kepada Allah bisa membasahi hati dan melunakkanya. Sebaliknya, bila hati kosong dari dzikir, ia akan menjadi panas oleh dorongan nafsu dan api syahwat. sehingga, hatinya menjadi kering dan keras. Anggota badanya menjadi sulit (menolak) untuk diajak taat kepada Allah."Selain, itu dzikir juga bisa melenyapkan berbagai macam penyakit hati, seperti sombong, riya, ujub, hasud, dendam dan suka menipu.
  8. Memutuskan ajakan maksiat setan dan menghentikan gelora syahwat nafsu.
  9. Dzikir bisa menolak bencana. Dzunun al-Mishri, tokoh sufi kenamaan, pernah mengatakan,"Siapa berdzikir, Allah senantiasa menjaga dari segala sesuatu."Bahkan, diantara para ulama salaf ada yang berpendapat bahwa bencana itu bila bertemu dengan orang-orang yang berdzikir akan menyimpang.
  10. Dzikir dapat mempermudah dan mendorong  bagi seseorang untuk beramal kebaikan.                                   
Semoga Bermanfaat :)

0 komentar on Keutamaan dan Kaedah Dzikir :

Post a Comment and Don't Spam!

Urgent !!! Komentar dengan baik dan bermanfaat ya sobat Citizen,
--> Bagi yang ingin Copy Paste jangan lupa masukan link admin atau setidaknya comment blog ini (jangan menggunakan link),
Hal ini bermakna karena blog ini akan semakin lebih baik kedepanya dan bisa menghargai Hak Cipta Personal,
--> Bagi yang menemukan konten, widget, atau artikel yang rusak beritahu admin melalui Buku Tamu. Terima kasih ... Salam Blogger Indonesia ^_^

 

Friend

Popular Post